Inovasi Sistem Registrasi Pasien di RSUD Gambiran Kota Kediri
Kata Kunci:
Registrasi, Rawat Jalan, InovasiAbstrak
Aplikasi pendaftaran online di RSUD Gambiran Kota Kediri merupakan layanan penerimaan pasien yang menggunakan internet untuk layanan rawat jalan. Pasien atau keluarga harus melakukan pendaftaran secara manual dan mengantri di loket pendaftaran, yang sering kali memakan waktu lama. Proses pendaftaran ini merupakan tahap awal yang sangat berpengaruh terhadap kesan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Petugas pendaftaran harus dapat mengenali kebutuhan pasien sebelum mendaftarkan mereka ke layanan yang tepat. Berdasarkan wawancara dan observasi di RSUD Gambiran, terungkap ada lima cara pendaftaran pasien rawat jalan yang terdiri dari dua jenis, yaitu daring dan luring. Berikut rincian sistem pendaftaran: Loket 1 dan 2 untuk pasien lama, Loket 3 dan 4 untuk pasien baru, Loket 5 dan 6 untuk pasien yang menggunakan aplikasi JKN Mobile dan SISBRO, serta Loket 7 dan 8 untuk pasien prioritas (Fast Track). Setiap loket dilengkapi dengan meja, kursi, dan komputer sebagai fasilitas pelayanan. Nomor antrian dapat diambil di area belakang kursi tunggu, yang dekat dengan pintu masuk loket pendaftaran rawat jalan. Dengan hadirnya aplikasi pendaftaran online, diharapkan proses pendaftaran menjadi lebih cepat dan mempermudah pasien dalam mengakses layanan kesehatan di RSUD Gambiran
Referensi
Jayanto, D. L., Zuliana, N. M., Poonwong, P., Hidayat, A. D., Djusmin, V. B., Firmansyah, R., ... & Ardila, N. M. I. (2024). Design of website-based online reservation and queue application at UPTD Puskesmas Kayen Kidul. Journal Health Information Management Indonesian (JHIMI).
Kemenkes RI. (2022b) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022.
Mulyana, M., Situmorang, M., & Larasty, G. (2023). Analisis Umum Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Klinik Utama X Tahun 2022. Warta Dharmawangsa.
Rizki, A. (2019). Inovasi Facilitating Service di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (Studi Tentang Reservasi Online Support System). In Skripsi.
Sabrina, M., & Ulfa, H. M. (2021). Gambaran Dukungan Penggunaan APM (Anjungan Pendaftaran Mandiri) Pada Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2020.
Septian, E. (2021). Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta. Matra Pembaruan.
Widjaja, L., Widodo, A., & Aula Rumana, N. (2021). Revitalisasi Sistem Registrasi Rawat Jalan Menuju Electroic Medical Record Di Klinik Khalifah Kabupaten Tangerang. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Reni Trianing Tyas, Andra Dwitama Hidayat, Nurhadi Nurhadi; Agustinus Nugroho Pudji Lestarjo

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.